Resep Kue : Kue Talam Warna Warni nan Cantik Menawan

Resep Cara Membuat Kue Talam Warna Warni, Daily Resep - Pasti sudah sering dengar kue talam kan? Yes! Kue talam adalah salah satu jajanan pasar yang termasuk kue basah tradisional. Kue yang berbahan dasar tepung beras ini cukup endes sebagai cemilan atau teman minum teh di sore hari. Kue ini juga cukup terkenal sebagai menu buka puasa karena selain rasanya yang enak dan lezat, kue ini mudah untuk dibuat.  

Hmm.. pasti sudah ngiler juga gimana rasanya kue talam ini? Yuupppsss… saatnya Daily Resep bagi-bagi resep tentang kue talam yang super nikmat. Resep ini hasil adaptasi dari pemilik akun @Siti Nuraini di dapurmasak.com yang sudah dikembangkan menjadi kue talam dengan berbagai warna tanpa ubi jalar merah.

Bahan I :
Tepung Beras
150 gram
Tepung Sagu
100 gram
Santan Encer
450 ml
Gula Pasir
200 gram
Air Panas
200 ml
Garam
secukupnya
Pasta Pandan
2 tetes
Pasta Coklat
2 tetes
Pewarna makanan merah
2 tetes
Vanili
1 bungkus

BAHAN II :          
Santan Kental
350 gram
Tepung Beras
50 gram
Tepung Sagu
30 gram
Garam
secukupnya
Vanili
1 bungkus

Cara membuat Kue Talam Warna Warni:
  1. Campur bahan II aduk sampai rata dan sisihkan.
  2. Campur tepung beras dan air panas sambil di aduk.
  3. Tambahkan tepung sagu, santan cair, gula pasir, garam dan vanili aduk rata. Bisa menggunakan mixer. (jika terasa kental tambahkan air sampai adonan benar benar tidak kental)
  4. Bagi adonan bahan I menjadi 3 bagian untuk diberi pewarna. Masukan pasta pandan pada adonan pertama, pasta coklat pada adonan kedua, dan pearna merah pada adonan ketiga.
  5. Panaskan kukusan untuk mengukus. Oles cetakan kue dengan minyak goreng. Masukkan adonan bahan I ke dalam cetakan dan kukus hingga kaku. (Setiap warna dalam satu cetakan)
  6. Setelah adonan bahan I kaku bentuk bulatan ditengah adonan, masukkan bahan II dan kukus kembali kurang lebih 15 menit atau hingga adonan matang.
  7. Untuk mengetahui tingkat kematangan kue, setelah 15 menit adonan bahan II dimasukkan tusuk dengan lidi adonan tersebut, jika tidak ada adonan yang menempel di lidi tandanya kue sudah matang. (Saat mengukus jangan lupa dikasih serbet agar air pada tutup kukusantidak jatuh ke dalam adonan)
  8. Lakukan langkah ke 4 sampai adonan habis. Keluarkan kue yang sudah matang dari cetakannya dan sajikan.

Belum ada Komentar untuk "Resep Kue : Kue Talam Warna Warni nan Cantik Menawan"

Posting Komentar

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel